Cara Membuat Blog Menjadi Terkenal

Cara Gampangnya


Cara Membuat Blog Menjadi Terkenal-kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara gampang membuat blog menjadi terkenal di dunia internet. Membuat blog menjadi terkenal ini, pada dasarnya merupakan tujuan akhir setiap blogger yang memang concern menjalankan aktivitas bloggingnya. Sasaran pertama untuk menjadi terkenal, sebuah blog harus mampu meraih posisi SERP yang bagus, minimal pada Google search engine.

Cara meraih posisi SERP yang bagus.

Untuk dapat menempati posisi SERP yang bagus, sebuah blog minimal harus mampu memaksimalkan kekuatan internal yang dimilikinya, hal ini berkaitan dengan upaya SEO OnPage. Memaksimalkan kekuatan internal blog merupakan langkah dasar yang wajib diprioritaskan. Upaya-upaya ini secara praktis meliputi tindakan-tindakan berikut :
  1. Memilih template blog yang SEO Friendly, bilamana mungkin gunakanlah Responsive Template yang ringan loadingnya, untuk informasi lebih lanjut silahkan baca artikel tentang Tehnik Optimasi dengan mempercepat loading blog.
  2. Maksimalkan Meta Description dan Meta Title blog melalui proses setting pada dashboard blogger. Cara memaksimalkan fitur-fitur tersebut akan dibahas pada artikel mendatang.
  3. Setting Robot.txt dan Header Tag Robot pada dashboard blogger, untuk informasi lebih lanjut silahkan anda baca artikel Setting Robot txt dan Tag Header.
  4. Daftarkan blog ke beberapa search engine, minimal Google dan Bing/Yahoo search engine.
  5. Maksimalkan fungsi-fungsi Webmaster Tools untuk memperkuat posisi blog anda, untuk itu silahkan baca Cara memaksimalkan fungsi Webmaster.
  6. Tulislah konten atau artikel-artikel yang berkualitas, original dan tidak mudah lapuk ditelan waktu, artinya jangan menulis artikel-artikel yang sifatnya berita-berita yang hanya bombastis pada rentang waktu tertentu (pendek atau sesaat). Sebaiknya tulislah artikel-artikel yang tetap up to date untuk rentang waktu yang lama (ex. tutorial blog).
  7. Pergunakan fitur-fitur navigasi blog yang memadai semacam, navigasi breadcrumb dan permalink, navigasi related-post, sitemap/daftar isi dan lain-lain. 
Setelah semua langkah-langkah dasar tersebut di atas berhasil anda penuhi, maka langkah-langkah berikutnya ini akan lebih berkaitan dengan upaya-upaya promosi blog ke berbagai media promosi, untuk itu tempuhlah cara-cara berikut ini :
  1. Kirimkan artikel-artikel anda ke media sosial semacam Google Plus, Facebook, Digg dan media sosial lainnya semacam lintas.me, kombes.com dan lain-lain.
  2. Bilamana mungkin, pergunakanlah media iklan gratis untuk mengiklankan blog yang anda miliki.
  3. Sebagai Author blog atau penulis konten blog anda wajib aktif dalam berbagai Forum Media Sosial yang DoFollow. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan peringkat Author anda.

Satu langkah terobosan yang mungkin dapat anda pergunakan adalah dengan memanfaatkan blog-blog pendukung untuk memperkuat blog utama anda.

Demikianlah uraian singkat tentang cara gampang membuat blog menjadi terkenal, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »